BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 03 Maret 2011

apa itu simbiosisme? mariii dilihat :p

pengertian simbiosisme :)

Simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti "dengan" dan biosis yang berarti "kehidupan". Jadi, disimpulkan simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan.

ada 4 jenis simbiosisme...
1. Simbiosis Parasitisme
Dalam simbiosis ini, salah satu organisme mendapatkan keuntungan tetapi organisme lainnya dirugikan. Contoh simbiosis parasitisme adalah tali putri dengan inangnya. Tali putri mendapatkan keuntungan dengan cara menghisap bahan makanan dari inangnya. Sedangkan inangnya dirugikan karena makanannya diambil.

2. Simbiosis Mutualisme
Dalam simbiosis jenis ini, kedua organisme yang berinteraksi sama-sama mendapatkan keuntungan. Contoh simbiosis mutualisme misalnya antara lebah dan bunga. Lebah mendapatkan madu dari bunga. Ketika menghisap madu tersebut, serbuk bunga melekat pada lebah. Jika lebah tersebut berpindah bunga, serbuk bunga yang telah melekat pada lebah akan melekat pada bunga yang lain. Terjadilah penyerbukan oleh lebah.

3. Simbiosis Komensalisme

Dalam simbiosis komensalisme, salah satu organisme diuntungkan, tetapi organisme lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme adalah tanaman anggrek yang tumbuh menempel pada inangnya. Tanaman anggrek mendapatkan keuntungan berupa rumah tinggal, sedangkan inangnya tidak mendapatkan keuntungan apapun dan tidak dirugikan.

4. Simbiosis Amensalisme

Dalam simbiosis amensalisme, salah satu organisme dirugikan tapi organisme lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contohnya adalah jamur Penicilium yang mensekresikan penisilin dengan bakteri. Penisilin mampu membunuh bakteri. Sehingga bakteri dirugikan, tetapi jamur Penicillium tidak mendapatkan keuntungan maupun kerugian.

Nah itu sedikit tentang simbiosisme.. semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar